Merawat Tas kulit

Memiliki tas berbahan dasar kulit asli adalah impian oleh sebagian orang. Maka dari itu, tas kulit sendiri di bandrol dengan harga yang cukup lumayan. Bebeapa pabrik tas, tidak jarang kebanjiran orderan tas kulit ini, Namun sayangnya, banyak tas kulit yang gampang rusak, karena tidak banyak orang yang tahu untuk merawat tas kulit yang baik.

Sangat disayangkan, bila tas kulit yang kita beli belum terlalu lama, sudah banyak kerusakan di tekstur dan warnanya. Sebenarnya baik kulit sintetis atau pun tas kulit asli, perawatan pun harus sesuai dengan prosedur yang baik. Oleh karena itu, bila perawatan tas kulit secara baik, tidak jarang orang yang mewariskannya secara turun temurun.

Cara membersihkan Tas Kulit

Cara membersihkan yang terbaik untuk tas kulit anda adalah, dengan tidak membiarkan kotoran atau noda, menempel di tas kulit anda berhari- hari. Bila anda langsung membersihkan tas, maka noda tersebut tidak akan terserap lebih dalam ke dalam pori- pori tas kulit. Apapun jenis nodanya, anda wajib membersihkannya secara langsung, agar noda tersebut tidak meninggalkan bekas permanen. Beberapa cara pembersih noda, akan tergantung pada jenis noda dan kotoran itu sendiri.

Contoh bila hanya terkena noda makanan atau minuman, maka anda bisa menggunakan tisu basah dan kemudian tisu kering. Namun bila noda yang berbekas, anda dapat menggunakan bubuk kapur tulis putih, atau detergen khusus untuk menghapuskan noda sulit.

Apakah Tas Kulit Aman Bila Terkena Air?

Sebenarnya tas kulit memang sangat kuat terhadap air. Namun agar ke awetannya tetap terjaga, anda tidak boleh membiarkan air tersebut berlama- lama pada tas anda. Contohnya bila tas kulit anda terkena air minum, maka harus segera mengelap nya. Atau misalnya kehujanan saat berkendara, maka harus segera keringkan tas Anda setelah sampai di rumah atau di tempat berteduh.

Untuk membersihkannya anda dapat menggunakan handuk/kain kering/lap atau bahan apapun, yang cepat proses penyerapannya. Disarankan untuk menggunakan hairdryer agar air di pori- pori tas kulit anda cepat menguap dan kering.

Bahan Pembersih Tas Kulit Yang Baik?

Bahan terbaik untuk membersihkan tas kulit adalah menggunakan kain mikro fiber yang lembut. Usahakan tidak membersihkan tas kulit anda dengan bahan yang keras. Meskipun tas kulit itu kuat, namun tetap saja untuk perawatan harus lah yang terbaik agar bahan kulit tersebut tidak mudah rusak. Beberapa pabrik tas, menyarankan mengoleskan conditioner untuk tas kulit ini.

Disarankan juga untuk membersihkan tiap sudut tas kulit ini. karena biasanya orang – orang kerap lupa dan tidak memperhatikan sudut- sudut tas kulit mereka. Sehingga sudut tas kulit mudah bolong dan rusak.

Mengapa Matahari Harus Dihindari Oleh Tas Kulit?

Sebenarnya tas kulit memang akan tahan terhadap cuaca panas. Namun hal itu keliru bila tas kulit tersebut di keringkan dengan sinar matahari. Banyak yang beranggapan bahwa sinar matahari akan membantu proses pengeringan, setelah tas kulit di cuci. Tetapi bila anda memiliki kulit asli, maka hal itu sepatutnya anda hindari, karena sinar matahari mengandung sinar Ultraviolet atau sinar UV yang dapat merusak kulit.

Bila anda melakukannya, maka jangan terkejut bila tekstur tas kulit anda jadi kering, retak, dan lama- kelamaan dapat hancur. Oleh sebab itu, cara terbaik mengeringkan tas kulit yang basah adalah menggunakan hairdryer atau kipas angin.

Oleh karena itu, perawatan tas kulit ini sangatlah penting. Pabrik tas kulit memang mengeluarkan produk- produk dengan tingkatan kualitas yang berbeda. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda mengetahui terlebih dahulu, tentang cara perawatan tas ini, sebelum anda membelinya.