Tantangan Dan Hambatan Bisnis Konveksi Tas Di Bandung

Tantangan Dan Hambatan Bisnis Konveksi Tas Di Bandung

Tas adalah sebuah aksesoris yang digunakan oleh banyak orang, khususnya oleh kaum wanita. Tetapi sekarang tas sudah menjadi salah satu kebutuhan hampir setiap orang, bahkan kebutuhan untuk promosi atau suatu kegiatan dan acara tertentu. Hal itu dikarenakan banyaknya orang yang membuka bisnis konveksi tas. Walaupun banyak hambatan bisnis konveksi tas Bandung, yang cukup mengganggu.

Tantangan Dan Hambatan Bisnis Konveksi Tas Di Bandung
Tantangan Dan Hambatan Bisnis Konveksi Tas Di Bandung

Persaingan bisnis yang semakin meningkat dari hari ke hari membuat beberapa konveksi tas mengalami kesulitas dalam mempromosikan atau menjual produknya. Hambatan atau tantangan ini tentu harus dipahami oleh orang-orang yang berbisnis, dalam bidang konveksi tas tersebut. anda harus tetap memahami dan melihat bagaimana kondisi pasar dalam hal penjualan dan pemesanan tas.

Hambatan Bisnis Konveksi Tas Bandung Yang Banyak Terjadi Di Masyarakat

  • Serbuan dari tas Cina

Dengan semakin berkembangnya trend fashion di Indonesia termasuk fasion tas terkini, tak heran jika eksport barang dari luar negeri juga menjadi semakin mudah. Salah satunya dengan bermunculannya tas produkti Cina, dan dengan kualitas yang sama bagusnya dengan produk lokal tetapi dijual dengan harga yang lebih murah.

  • Tingginya harga bahan baku

Hambatan lainnya yang muncul dalam bisnis konveksi tas ini adalah harga bahan baku yang cukup tinggi. Jika ingin menghasilkan tas konveksi yang berkualitas, maka pemilihan bahan baku pun menjadi poin utama. Tetapi jika harga bahan bakunya saja sudah tinggi, maka harga jualnya pun akan lebih tinggi dan menjadi sulit diterima oleh masyarakat.

Tantangan Dalam Bisnis Konveksi Tas Khususnya Dengan Masuknya Produk Dari Cina

Selain hambatan ada juga tantangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis konveksi tas. Terutama oleh produk Cina yang banyak masuk ke Indonesia. Berikut beberapa macam tantangan dalam bisnis konveksi tas :

  • Perginya para investor asing

Dengan semakin terbukanya pasar Indonesia terhadap produk import yang bermunculan, maka tak heran jika banyak investor asing yang pergi. Jika produk import semakin mudah masuk, maka para investor tersebut akan dengan mudahnya beralih ke negara-negara yang tenaga kerjanya murah lalu mengeksport barangnya ke Indonesia.

  • Mematikan produk konveksi lokal yang ada di Indonesia

Dengan bertambahnya produk-produk Cina ke Indonesia maka hal itu membuat daya saing tas lokal dengan tas Cina menjadi tinggi. Ditambah lagi dengan harga tas Cina yang lebih murah, sehingga masyarakat akan beralih ke produk tersebut. itulah yang juga menjadi salah satu hambatan bisnis konveksi tas di Bandung, karena produsen konveksi tas lokal mengalami kerugian.

  • Adanya regulasi kebijakan import

Tantangan lainnya dari bisnis konveksi tas ini adalah adanya regulasi dalam kebijakan import. Walaupun hal ini mengacu pada persaingan bisnis antara produk import dan lokal, tetapi sebenarnya banyak sekali tas lokal yang dihasilkan oleh para konveksi tas di Indonesia memiliki kualitas produk yang jauh lebih baik dari produk import.

Artikel lain : Pabrik tas di Bandung dengan Kualitas Standar Pabrik

Sehingga dalam hal ini pemerintah harus mengambil langkah yang tepat, khususnya dalam membuat regulasi yang jelas. Agar para pebisnis konveksi di Indonesia, tidak mengalami kerugian hanya karena masuknya produk dari luar Indonesia. Apalagi menawarkan harga yang lebih murah.

Dengan banyaknya hambatan dan tantangan dalam bidang bisnis konveksi lokal tersebut, hal itu tetap tidak membuat bisnis konveksi tas di Indonesia lantas menyurut. Termasuk kami yang menjadi salah satu konveksi tas lokal di Bandung, yang memiliki beragam jenis tas yang bisa anda pesan. Anda bisa mendapat tas dengan kualitas terbaik, namun dengan harga yang lebih miring.

Sumber : konveksitasjakarta.co.id